Menurut Who Usia Cawapres Kh Ma’Ruf Amin Tidak Terbilang Tua

By | September 26, 2019

Cawapres dari Jokowi, KH Ma’ruf Amin menolak dibilang tua. Lantaran dia menyampaikan jika dirinya masih usia paruh baya, pernyataan Ma’ruf didukung dengan perhitungan umur yang dilakukan oleh organisasi kesehatan dunia yakni WHO. Usia Tua masuk dalam hitungan umur 80 hingga dengan 100 tahun.

Menurut WHO, renta itu dihitung 80 tahun? 80-100 tahun tua, 60 tahun hingga 80 tahun disebutnya setengah baya. Makara jika begitu saya belum tua, gres setengah baya jika berdasarkan WHO,” ujar Ma’ruf Amin dikutip dari¬†Detik.

Ma’ruf yang sekarang berusia 75 tahun nampak gundah soal pembahasan yang menyampaikan keganjilan capres Jokowi yang menjadikannya dirinya sebagai cawapres alasannya ialah mengingat usia. Tapi Ma’ruf justru menyatakan jika dia paruh baya bukan tua. Justru dia menyampaikan jika dirinya dibilang renta bagaimana dengan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad yang sekarang berusia 93 tahun dan masih melaksanakan kiprah negara menjadi Perdana Menteri.

Waktu saya ketemu Pak Mahathir di Kuala Lumpur, betul saya ini masih muda. Maka tumbuh semangat saya untuk berjuang. Sementara saya gres 57 tahun. Eh 75 tahun,” imbuh Kiai Ma’ruf sambil tertawa bersama ratusan penerima program Hari Santri Nasional di Asrama Haji Palangkaraya, Kalimantan Tengah,

Pernyataan tersebut diminta dijadikan suatu pandangan gres kepada para santri untuk dapat menjabat apapun entah menjadi kiai, pengusaha, pejabat pemerintahan, gubernur, wakil gubernur, dan calon wapres. Para santri juga diminta tidak perlu merasa rendah diri alasannya ialah menjadi seorang santri.

Bahkan dapat jadi presiden. Kayak Gus Dur. Karena itu santri jangan hingga merasa tidak dapat ya. Kita dapat jadi apa saja,” kata Kiai Ma’ruf.