Urutan Generasi Prosesor Intel, dari Terlama hingga Terbaru

By | November 8, 2019

Urutan Generasi Prosesor Intel, dari Terlama hingga Terbaru

Mungkin bagi Anda, memilih generasi terbaru dari perangkat komputer atau laptop Anda adalah pilihan terbaik untuk mendukung segala aktivitas. Namun, bagaimana caranya Anda tahu mana yang generasi terbaru mana tidak? Nah, bagi yang belum tahu, ini dia urutan generasi prosesor Intel dari yang paling lama hingga terbaru!

  1. Nehalem

Generasi pertama dari prosesor Intel adalah Nehalem. Proses ini merupakan prosesor yang menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm. Di dalamnya, Anda bisa menemukan penggabungan komponen ke dalam chip prosesor controller RAM DDR3. Oleh karena ia adalah generasi paling tua dalam prosesor Intel, maklum saja jika kinerjanya terasa lambat.

  1. Sandy Bridge

Setelah Nehalem, generasi dari prosesor Intel adalah Sandy Bridge. Generasi yang satu ini diluncurkan pada tahun 2011 dengan nama utuh Arsitektur Sandy Bridge. Ia sudah menggunakan teknologi fabrikasi 32 nm. Salah satu fitur terbaru yang dimiliki prosesor Intel generasi ini adalah adanya VGA di prosesornya.

  1. Ivy Bridge

Generasi ketiga dari proseor Intel adalah Arsitektur Ivy Bridge. Generasi prosesor Intel yang satu ini sering disebut dengan generasi Tock dari Sandy Bridge. Perubahan mendasar yang ada pada generasi ini adalah pada teknologi yang digunakan. Ia sudah menggunakan teknologi fabrikasi 22 nm sehingga lebih efisien terhadap daya listrik.

Pada arsitekturnya, Intel juga menambahkan dukungan USB 3.0 dan PCI Express 3.0. Prosesor ini biasanya dipakai pada motherboard untuk LGA 1155. Meski begitu, bila digunakan pada jenis motherboard yang satu ini, fitur USB 3.0 tak akan berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut.

  1. Haswell

Selanjutnya adalah Haswell. Prosesor Intel generasi keempat ini diluncurkan pada tahun 2013 dan memiliki sejumlah fitur baru yang menarik. Di antaranya adalah intenal VGA atau GPU yang lebih cepat. Prosesor ini juga memiliki soket yang berbeda dari generasi sebelumnya.

Jika Anda ingin melakukan upgrade dari generasi sebelumnya ke ini, maka Anda harus membeli motherboard yang baru. Pasalnya, Haswell ini memiliki internal grafik atau VGA yang lebih tinggi. Meski begitu, ia masih menggunakan fabrikasi 22 nm.

  1. Broadwell

Generasi Broadwell diluncurkan pertama kali pada tahun 20114 sebagai generasi kelima. Ini bisa dibilang model kecil dari Haswell dan memiliki teknologi fabrikasi yang lebih bagus, hanya 14 n, saja. Dengan mengecilnya penampang yang dimilikinya, daya listrik yang dipakai pun jadi semakin kecil.

Meski begitu, ia malah memiliki performa yang jauh lebih baik dari yang sebelumnya. Diperkirakan, performa dari Broadwell ini lebih baik 5 hingga 20 persen dibandingkan Haswell.

  1. Skylake

Intel resmi mengeluarkan prosesor generasi keenam pada September 2015. Sama seperti sebelumnya, ia menggunakan fabrikasi 14 nm dan menggunakan teknologi baru yang disebut dengan speed shift. Hal ini membuat prosesor ini bekerja lebih cepat namun juga bisa menghemat daya.

Skylake ini mampu meningkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K. Tak hanya itu, ia juga didukung RAM dengan jenis DDR4 frekuensi 2133 MHz. Lebih kerennya lagi, ipada Intel Core i9 yang baru diluncurkan, juga disematkan model ini.

Ada banyak generasi prosesor Intel yang bisa Anda ketahui dari waktu keluarnya, kan? Sedangkan dari segi spesifikasinya, generasi prosesor dari Intel ini juga banyak, kok! Bila Anda mencari prosesor Intel terbaik untuk laptop atau komputer Anda, Anda bisa kunjungi Blibli untuk menemukan yang terbaik!

https://laptopnesia.com/urutan-processor-intel-terbaru/

http://cyber-twenty.blogspot.com/2018/01/urutan-generasi-prosesor-intel-dan.html?m=1

https://tekno.kompas.com/read/2019/01/10/08360097/intel-umumkan-enam-prosesor-core-generasi-ke-9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *